Jalan-jalan

Menikmati akhir pekan berkeliling kota Makassar dengan bus Trans Maminasata

image

Di akhir pekan cobalah berkeliling kota makassar dengan menggunakan Bus Trans Maminasata, transportasi umum ini akan membawa anda berkeliling kebeberapa titik di kota daeng ini. Bus Trans Maminasata ini adalah jenis Bus Rapid Transit (BRT), sebuah sistem angkutan umum cepat, jenis bus ini tidak hanya kota Makassar sebelumnya telah terdapat di Ibukota, Joyjakarta, Depok, Bali

image

Memulai dari halte di Mall Panakukang, Anda akan menemukan Bus besar nan panjang di depan pintu masuk utama Mall ini. Hanya transit sepuluh menit, bus ini akan segera membawa Anda berkeliling kota Daeng ini. Bus ini berwarna biru, terdapat kursi 29 orang ini dan terdapat pula pegangan untuk penumpang bagi yang ingin berdiri ataupun kehabisan kursi. Kaca jendela yang besar memberikan lapangan pandang yang luas sehingga anda dapat menikmati suasana jalanan atau sekedar meilihat-lihat aktifitas kota.

image

Waktu keberangkatan dari bus ini dimulai dari jam 10.00 pagi hingga pukul 18.00 tiap harinya, untuk waktu tepat kedatangan bus belum ada, tergantung waktu perjalanan bus, faktor kemacetan dapat mempengaruhi waktu kedatangan. Untuk biaya perjalanan, anda cukup mengocek uang senilai lima ribu rupian untuk sekali perjalanan

image

Bus yang baru beroperasi sejak 2014 cukup bersih, kursi yang saling berhadapan, tersediakan koran dalam bus yang dapat menjadi alternatif menghabiskan waktu di bus, alunan musik juga hadir di dalam bus ini dan meski cuaca cukup panas diluar bus, Anda akan tetap merasakan udara sejuk di dalam bus dengan bantuaan Air conditionar.

Didalam bus terdapat ruang untuk pemakai kursi roda dan juga layanan bus ini adalah kawasan no smoking. Mengenai jumlah penumpang masih sedikit kira-kira sekitar 7-10 orang setiap kali jalan, maklum bus ini masih dalam tahap promosi, jumlah bus yang baru beroperasi tiga bus dan baru memiliki beberapa halte.

Perjalanan dimulai melewati Jl. Pettarani – Jl. Urip Sumiharjo – Jl. Ratulangi – hingga transit di mall Ratu Indah, perjalanan ini anda akan melewati Lapanagn Karebosi, Monumen Mandala, Rumah Jabatan Gubernuran. Setelah sepuluh menit bus ini melanjutkan ke arah Losari melewati jalan kakatua- Jalan Patimura kemudian sampai di Tanjung, hingga transit di Mall Trans, hanya menurunkan dan menaikan penumpang, segera bus ini kembali melanjutkan perjalanan, menuju Akarena dan GTC. Haltenya terdapat di daerah parkiran GTC.

Kemudian kembali ke rute semula dengan jalan yang berbeda, memutar melewati Pantai Akkarena, menyisiri pantai losari, benteng Rotterdam, Gedung Kesenian dan Lapangan Karebosi. Melewati jalan Urip Sumiharjo- Jalan A.P.Pettarani dan kembali ke halte Mall Panakukang.

Terdapat beberapa titik pemberhentian pada bus ini, beberap halte atau tempat pemberhentian rata-rata belum tidak memiliki halte khusus, biasanya hanya tempat persinggahan atau daerah khusus untuk bus

Menurut penuturan petugas BRT , Anda dapat turun dimana pun dalam rute bus ini sedangkan untuk naik, Anda dapat diangkut dimana pun dalam rute bus asalkan anda terlihat oleh supir bus.

Selamat menikmati akhir pekan