KelasKepo

IKON KULINER KOTA MAKASSAR

ikon

Ikon Kuliner Makassar

Coto Makassar, Pallumara, Pisang Ijo, tentu tidak asing lagi bagi warga Kota Makassar, makanan tersebut menjadi kuliner khas Kota Makassar. Tetapi tahukan bahwa Makassar memiliki 130 makanan khas yang dapat Anda nikmati ketika wisata kuliner. Tentu tidak lengkap rasanya berkunjung ke suatu daerah tanpa menikmati makanan khas kota tersebut.

Anda perlu referensi dalam menetukan menu makanan yang Anda ingin nikamati ? Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar melakukan sebuah survey yang kemudian dipublikasikan melalui web resmi ikon kuliner Makassar makassarsedap.com. Rencananya web tersebut dapat menginformasikan kepada masyarakat mengenai kuliner Makassar, cara pembuatan, kandungan gizi tiap ikon Kuliner Makassar. Tentu memudahkan masyarakat dan wisatawan mengenal lebih langkap mengenai kuliner tersebut. Hasil survey menunjukan coto makassar mendapat popularitas paling tinggi diusul oleh Pisang ijo dan Pallumara. Survey ini dilaksanakan dalam rangka menentukan menu makanan yang dapat menjadi ciri khas Kota Makassar melalui angket offline dan online selam 25 hari yang diikuti oleh 2109 total responden dengan 4303 total pilihan, setiap responden boleh memilih lebih dari satu kuliner. Tetapi survey yang dilakukan bukanlah tahapan terakhir, melainkan hasilnya akan diputuskan oleh Walikota Makassar, Bapak H.Ramdhan Pomanto. Anda dapat mengetahui ikon kuliner kota Makassar melalui web resmi makassarsedap.com.

Hasil survey tersebut dipublikasi melalui seminar ikon kuliner Kota Makassar dengan mengundang para pengusaha kuliner, instansi terkait dan juga Blogger Angging Mammiri. Dalam sambutannya Ibu Rusmayani Madjid selaku Direktur Lembaga Serifikasi Pariwisata mengatakan bahwa diharapkan kuliner dapat menjadi daya tarik wisata dan meningkatkan perekonomian melalui wisata kuliner

Coto Makassar mendapat popularitas paling tinggi pada survey ikon kuliner Makassar tentu tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi ikon kuliner Kota Makassar ini. Potongan daging dengan kuah khas warna kecoklatan dibumbuhi bawang goreng dan daun bawang disajikan bersama ketupat, rasa yang nilkmat dan bau yang mengundang selera apalagi kalau bukan Coto Makassar.

20160518_105536[1]Hasil Survei Ikon Kuliner Makassar

Coto Makassar ini sangat mudah Anda temui di warung coto sepanjang jalan Kota Makassar. Bahkan telah tersedia dalam kemasan mie instan dengancita rasa Coto Makassar. Terdapat beberapa warung coto paling populer dalam menikmati coto makasar seperti Coto Nusantara, Coto paraikate, Aroma Coto Gagak, Coto Daeng Sirua, Coto Maros Asuhan H. Mustafa Dg. Siga, Coto Tamalanrea (Asuhan Amir Dg. Tallasa)

Survey ini menunjukan perhatian pemerintah terhadap kuliner Kota Makkasar dan upaya peningkatan ekonomi bagi masyarakat Kota Makassar . Tentu menjadi kebanggan tersendiri memiliki kuliner khas.

Mari sukseskan kuliner Kota Makassar.