Jalan-jalan

SERUNYA IKUT BLOGGER CAMP 2015 DI MAKASSAR

20151027_090544Blogger camp Makassar

Selamat Hari Blogger Nasional !!. Ya, tanggal 27 Oktober diperingati sebagai hari blogger nasional. Berbagai kegiatan dilakukan para blogger dalam memeriahkannya. Pada tahun ini dilaksanakan blogger campid yang diadakan serentak di empat kota yakni Jakarta, Purwokerto, Surabaya dan Makassar. Wah tentunya seru yah, selanjutnya saya akan melaporkan keseruan blogger campid Makassar.

Kegiatan ini dimulai tanggal 26 Oktober 2015, menempuh perjalanan 2 jam hingga sampai di pusat pelatihan lingkungan hidup. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai komunitas dan blogger dari berbagai daerah. Komunitas Makassar Berkebun, Komunitas Pajjapa dan Kelas Menulis Kepo. Blogger dari berbagai daerah yakni Blogger Sinjai, Blogger Maros, Blogger Kompasiana, Forum Lingkar Pena Makassar dan Blogger dari Pontianak.

Blogger campid sponsori oleh Indosat Love dan didukung oleh harris Hotel, Pop hotel,Tellow hotel, Camp hulu cai, Blue bird Group, Sunpride, Utees.me, Qwords.com, JavaPR, Juara agency. Media patner yakni Net media yang ikutserta mempublikasikan acara ini. Kegiatan Blogger campid makassar  dilaksanakan di Puntondo,Takalar 26-27 Oktober 2015 di pusat pelatihan lingkungan hidup.

Kegiatan malam hari diadakan di aula, berbagai cerita seputar perkembangan blogger di daerah masing-masing. Sesi pertama sharing bersama Angging Mamiri Makassar mengenai kegiatan menulis yakni Kelas Menulis Kepo yang berawal dari berbagai komunitas yang belajar menulis bersama. Sedangkan Sharing bersama Blogger Pelajar Maros yang membahas perkembangan ide tulisan seputar personal blog. Sharing blogger Kompasiana seputar bisnis stategis di makassar dan jelajah uang nontunai di makassar, komunitas terdiri dari 200 lebih anggota dari berbagai profes. Sharing bersama Forum Lingkar Pena Makassar yang intens menulis fiksi dan nonfiksi yang kemudian dikirim ke media dan blog. Wah, Suasana cukup akrab dan santai, duduk bersila melingkari aula dengan acara yang santai dan bermutu.

 

C360_2015-10-26-20-57-57-258
Acara malam blogger camp di aula PPLH | koleksi pribadi

“Manfaat kegiatan ini akan dibawakan dan didiskusikan bersama di FLPM “ tutur salah satu perwakilan Forum Lingkar Pena Makassar dalam malam sharing blogger campid.

Selanjutnya ada materi mengenai photoblogging di aula.“Harapannya dengan materi ini blogger dapat mengambil foto sendiri, bukan hanya dari google atau browing” tutur speaker Iqbal Lubis pemateri photoblogging pada kegiatan ini. Tentunya dalam menulis, kita juga membutuhkan foto. Tulisan yang bagus disertai foto yang bagus tentu menjadi artikel yang bagus dan menarik

Keesokan harinya, 27 Oktober 2015. Kegiataan dimulai dengan outbound setelah sarapan. Outbound ini dilakukan untuk mengakrabkan para blogger. Keseruan bermain games bersama dan foto-foto bersama di lapangan sekitar pplh. Setelah outbond dilanjutkan materi digital marketing dan membangun jaringan di dunia.

20151027_090741
Suasana outbound bersama peserta blogger camp | koleksi pribadi

1445944352793

Foto seru-seru outbound blogger camp | @adnan_ilham

Berbagai kesan dari para peserta baik dari blogger dan komunitas mengenai keseruan dan manfaat blogger camp

“ Kegiatannya menarik sebagai media silaturahmi sesama komunitas dan blogger di makassar dan luar makassar dan ilmu baru seperi photografer dan digital marketing. Harapannya kegiatan ini menjadi kegiatan tahunan” tutur salah satu peserta Feri dari Kelas Menulis Kepo

“ Semoga dapat diaplikasikan di Makassar Berkebun agar tersampikan kegiatan melalui blog ” tutur koordinataor Makassar Berkebun Asriadi . Makasar Berkebun telah memilki web Makassarberkebun.org

“Harapannya blogger camp bisa menulis lebih mampu mendokumentasi dan pemaksimalan perjalana “ kata Nasser salah satu perawakilan komunitas Pajappa, komunitas jalan-jalan

“ Menyenangkan, kita dapat berkumpul dan sharing bersama blogger dari daerah lain yang dulunya hanya offline” kesan dari salah satu blogger sinjai

“Kegitan keren, langkah dan membuka koneksi baru para blogger. Ajang ramah tamah disertai materi-materi yang bermutu yang langsung mengena seputar blogging” tutur salah satu perwakilan blogger Maros.

Pengalaman menarik blogger camp dan materi seputar blogging bermanfaat bagi para blogger.

Akhinya telah terselenggara blogger camp 2015 serentak di empat kota dalam rangka hari blogger nasional. Menjadi salah satu pengalaman menarik mengenal blogger lainnya. Selamat hari blogger nasional.